Skip to content Skip to right sidebar Skip to footer

SEJARAH ISLAM TUA LENGANENG

Banyak pemerhati sejarah abad  baru sudah datang ke  daerah  kepulauan  Sangihe  dan  Talaud. Tetapi  banyak diantara  mereka tidak  sempat  melihat  keragaman  agama yang  berkembang  di  kepulauan  Sangihe dan Talaud sejak masa lalu  sampai  masa kini.

Seorang  pemerhati sejarah asal  Eropa yang  pertama kali  menulis secara rinci tentang keadaan  masa lalu  Sangihe  adalah  Daniel Brilman. Dalam bukunya berjudul De Zending op de Sangi  en Talaud eilanden, terbitan 1928. Mengemukakan  bahwa, jauh sebelum  agama Islam dan  Kristen  masuk dan berkembang  di Kepulauan  Sangihe  dan Talaud sudah berkembang agama  asli  Sangihe.

Agama ini  adalah  agama  yang  Polytheisme. Para  pemeluk agama ini  mengenal adanya beberapa  penguasa  kehidupan seperti Penguasa Langit dan  penguasa Laut. Agama  ini dipimpin oleh  seorang  Imam perempuan yang  disebut Ampuang. Agama  ini  beranggapan  bahwa untuk dapat  bertemu dengan sang  penguasa  harus  datang ditempat-tempat  yang  dianggap  paling tinggi  seperti di puncak-puncak  bukit. Agama ini  bukanlah  agama yang Animisme, anima atau  animus  dan bukan pula  kafir  seperti  tuduhan bangsa Eroa, karena  mereka  menyembah  satu  kekuatan yang  dianggap  sangat  berkuasa  meskipun sang  penguasa itu  tidak berwujud  dan  tidak dapat  diwakilkan  dengan sebatang  pohon yang  besar  atau batu-batu  besar untuk disembah. Sampai saat  ini masih  ada penduduk yang  masih  mematuhi aturan-aturan  agama  ini  meskipun  hanya sebatas menghargai warisan  kebudayaan  nenek  moyang.

Agama  ini  diperkirakan  sudah  ada sejak 600 sampai  700 tahun silam sebelum  berdirinya  kerajaan pertama Sangihe  yaitu  kerajaan Tampungang Lawo.
Seiring  dengan  perkembangan  saman  maka agama  ini  akhirnya  mulai terkikis  oleh  agama dunia masa kini yang  Monotheisme.

Agama  kedua  yang berkembang  di kepulauan  Sangihe adalah  Agama Islam Tua. Agama inipun  sudah  ada sebelum masuknya agama Islam di Kepulauan  Sangihe.

Ajaran  Islam pertama kali dikembangkan dikepulauan Sangihe sejak  tahun 1460 berdasarkan  ajaran  Islam  aliran Sunni. Ajaran Islam pertama  kali  masuk  di Sangihe berasal  dari  Philliphina dengan  latar  belakang hubungan  kekerabatan antara  orang Sangihe  dengan orang  Philliphina karena nenek moyang  orang  Sangihe berasal dari Philliphina, disamping  itu juga perdagangan, dan  kedekatan wilayah  telah  menunjang berkembangnya  ajaran  Islam dari Phillhipina. Diperkirakan  ajaran Islam pertama kali masuk dikepulauan sangihe berasal dari Pulau Mindanao.

Kedatangan  ajaran Islam kedua adalah dari Kepulauan  Maluku, terutama  dari Kesultanan Ternate dan Tidore. Latar  belakang berkembangnya ajaran Islam dari kepulauan  Maluku adalah : dimasa  lalu pernah terjalin  hubungan kerjasama antara kerajaan-kerajaan di Sangihe  dengan Kesultanan Ternate dan Tidore, terutama  dengan  kerajaan Tabukan dan  Kerajaan Kendar. Disamping  itu  juga  ada  beberapa  kerajaan di Sangihe  yang  pernah  dijajah  oleh Kesultanan Tidore. Hal  yang  sangat  memungkinkan  masuk  dan  berkembangnya ajaran  Islam di kepulauan  Sangihe  adalah melalui  proses  perdagangan.

Banyak  diantara  pemeluk Islam Indonesia  khusunya  pemeluk  Islam di Sulawesi  utara  yang  tidak  mengetahui  bahwa  ada agama  yang seperti agama Islam  yang  berkembang  di kepulauan  Sangihe tetapi  bukan  agama  Islam.  Agama  ini dinamakan agama  Islam Tua.

Oleh  proses waktu dan  tekanan pemerintah, maka agama ini  mengalami  beberapa  perubahan  nama. Pertama  kali agama ini  dikenal sebagai Masade, Islam  Handung  kemudian Penghayat dan  pada  akhirnya  agama ini dikenal oleh  sebagian orang  Sangihe sebagai Agama  Islam Tua. Meskipun sampai saat ini Agama  Islam  tua  tidak  pernah diakui secara  resmi sebagai Agama oleh  pemerintah. Pemerintah lebih mengakui Konghucu  dan  Taoisme.  Hal ini  terjadi juga terhadap  Islam  Kejawen  dan  agama  asli   lainnya di  Indonesia.

Dalam tesis yang  di tulis  Oleh Pendeta Don Javarius Walandungo  berjudul “ Islam Tua, Terpasung  dan  Merana” mengemukakan hal-hal  yang  sangat jelas  tentang  keberadaan agama Islam Tua diantaranya tentang  keberadaan  pemeluk  agama Islam Tua  yang terkucil dari kehidupan bermasyarakat dan  bernegara. Salah  satu hal  yang kurang pantas yang  diberlakukan  oleh  pemerintah adalah tentang  pernikahan dan status kewarganegaraan. Sekian  lama  mereka  harus  dinyatakan  sah  menikah  kalau  menikah  di pengadilan, tidak  sah  kalau  dinikahkan oleh pimpinan  agama. Pada Kartu tanda  penduduk mereka  harus  menulis  agama  Islam  padahal  mereka  bukan  agama Islam.  Pengecualian  ini  sudah dilakukan  pemerintah  sejak lama. Dimasa  kekuasaan  Winsulangi Salindeho  sistim  perkawinan  diperjuangkan   dan  diakui  sama  dengan  agama  lain.  Oleh  pemerintah  telah ditetapkan  3  orang  pembantu  pencatat  pernikahan  dalam kalangan  islam  tua  diantaranya bapak  A. Masihor,S.Pd  dan  Ibu. R. Kirimang, S.Pd.

Atas  pengecualian itu kemudian timbul  pemahaman, mengapa justeru agama Kong Hu Chu mendapatkan hak-hak  istimewah dari  pemerintah sebagai Agama, sementara  Agama Islam Tua sebagai Agama asli Indonesia tidak diberlakukan  sama. Keberadaan pemeluk Agama  Islam tua sangat  baik dan  bersahaja  ditengah kehidupan  bermasyarakat, tidak  berbeda  dengan  pemeluk  agama  Islam dan  agama Kristen lainnya. Mengapa harus dibunuh karena  tidak  memiliki kitab suci.

Agama  Islam  Tua pertama  kali  diajarkan dan dikembangkan secara nyata oleh seorang yang  bernama  Masade kira-kira  lima  ratus tahun  yang  lalu. Bersamaan  dengan  kejayaan Kerajaan Kendar (kerajaan di Sangihe) pada  masa  pemerintahan Raja  Syam Syach  Alam. Kerajaan  ini adalah  cikal bakal dari  kerajaan Wulaeng ( wulaeng  berarti emas).  Pada  masa  pemerintahan Raja Syam Syach  Alam (samang sialang nama julukan), kerajaan  ini dikenal  sebagai  kerajaan  yang  kaya. Singgahsana  raja dan  semua  perlengkapan Istana terbuat  dari  emas.  Sampai  satu  saat  sang  raja  melakukan  kesalahan. Konon, sebelum  raja  Syam Syach Alam melakukan  dosa, sempat  dinasehati  oleh  Masade, supaya jangan  melaklukan  kesalahan  lagi. Karena  raja tidak  mengindahkan  nasehat dari Masade,seminggu  setelah dinasehati kerajaan  ini ditenggelamkan  kedasar  laut oleh  suatu  bencana alam.

Masade dilahirkan sebagai yatim dan ditemukan  oleh  sepasang suami isteri diantara semak belukar ketika  masih bayi, nama aslinya adalah Mawu  Masade yang berarti Karunia Tuhan. Menjelang dewasa Masade memperdalam keyakinanya di Tugis, Phillhipina. Banyak keajaiban telah  dilakukan  oleh Masade sejak  kecil sampai  dewasa. Pada  umur  66 tahun, Masade  kembali ke Sangihe  dan  mengalihkan  ajarannya kepada seorang  yang  bernama Penanging. Dari  Penanging  inilah Ajaran  Islam  Tua  mulai  tersebar  luas. Semenjak wafatnya Masade  dan  Penaging  ajaran  agama Islam  Tua  kemudian di  teruskan  oleh Mahadure. Untuk  lebih  memperluas ajaran  ini  kemudian  oleh Mahadure , diadakan  pemuridan  dan terpilihlah tiga  murid  yaitu Makung,Handung dan Biangkati.

Inti dari  ajaran Agama Islam Tua adalah Kemurnian  Jiwa. Diusahakan  agar umat menjauhi  sedapat  mungkin aktifitas  yang  mengakibatkan  dosa, dan  pencerahan  hanya  dapat  ditemukan jika berada dalam satu  ritual  keagamaan. Kepandaian  seseorang tidak  dapat  menandingi kekuatan  yang ditemukan  dalam  setiap Ibadah melalui hubungannya  dengan  sang pencipta.

Tempat  ibadah agama Islam Tua  adalah  Mesjid, sedangkan alat yang  digunakan  untuk  memanggil umat  dalam ibadah  Shalat Jumat adalah Lonceng  bukan  Bedug. Agama  ini  dipimpin  oleh  seorang yang diberikan gelar  Imam. Kepemimpinan seorang  imam sangatlah  bijaksana dan  harus dipatuhi. Menjadi Imam Mesjid bukan dari  pemilihan  tetapi atas  kehendak Imam sebelumnya  atau berdasarkan  petunjuk langsung  Tuhan  yang  maha esa. Jabatan Imam tidak  menurun tetapi  dilihat dari kearifannya dalam  berjamaah dan aktifitasnya  dalam ibadah. Ibadah Shalat Jumat dimulai jam sembilan  pagi disamping  itu  juga  ada ibadah-ibadah setiap  kelompok  Jamaah. Ritual-ritual besar  yang sering  dilaksanakan  diantaranya  adalah : Sunatan, Puasa  yang  dilakukan  selama sepuluh  hari sebelum Idul Fitri dan yang paling meriah  adalah Ritual “Diko u Solo” atau  menyalakan  lampu (lilin atau  obor) pada sebuah wadah  yang  berbentuk pohon, juga perayaan Hari  raya  ketupat. Selain itu  dapat  melakukan  siarah kepusat  ritual  keagamaan di Pulau Enggohe. Dipulau  inilah  terdapat peninggalan leluhur agama Islam  Tua termasuk  beberapa ajaran asli dan tempat – tempat sacral.

Para  jamaah ketika datang  kemesjid, yang  perempuan  harus  menggunakan  jilbab dan  yang  laki-laki  ada yang  menggunakan  kain  sarung.

Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh  penganut  agama  Islam Tua, sudah  berlangsung  sejak  lama. Apapun  yang sering dilakukan bukanlah  hal  yang  menyesatkan  seperti tuduhan banyak  pihak.

Ada  satu  masa mereka harus  duduk  di dalam Gereja atas  undangan umat  Nasrani ada satu saat  pula umat  Nasrani  akan  berkunjung  kejamaah Islam  Tua karena  hari  raya. Dihari yang  fitri  nanti  semua umat Islam Tua akan  saling  berkunjung dan  bersalam-salaman agar  terbuka  semua  pintu  maaf.

Persebaran  pemeluk  agam  Islam Tua  meliputi  kampung  Pindang sampakang kec. Manganitu  Selatan (sekarang  sudah  punah) Kampung  Lenganeng, sebagai pusat Agama Islam Tua, Kampung Kalekube dan Pulau Enggohe Kecamatan Tabukan Utara,dan di kota Bitung. Sampai  tahun  2007 pemeluk  agama Islam  Tua  diperkirakan berjumlah tiga ribu jiwa. Sekarang  ini Agama  Islam  tua  secara  tidak langsung  dipaksa  bernaung dalam Organisasi Penghayat Kepercayaan  Kepada  Tuhan Yang  Maha Esa.

Agama Islam tua merupakan bentuk kepercayaan asli Sangihe,  yang  tidak dapat ditemukan  didaerah  lain  di Indonesia. Agama ini  adalah bagian dari keragaman  Agama dan  kebudayaan  Indonesia  yang diamanatkan  Pancasila dan UUD ’45. Islam   Tua pantas dihidupkan bukan di paksa  mati.