Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Lomba Masamper Anak Sangihe Rantau

Sejak ditetapakan dan dipatenkan Budaya Masamper sebagai milik Budaya Suku Sangihe oleh Kementerian Hukum dan HAM RI pada medio bulan Agustus 2022 lalu, berbagai kegiatan untuk lebih memperkenalkan Budaya Sangihe ini terus digelorakan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe di bawah kepemimpinan Pj. Bupati Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan, diantaranya pemecahan rekor Muri dengan peserta terbanyak Masamper dan penetapan hari Masamper pada tanggal 18 Agustus 2022.

Momentum ini juga di maanfaatkan oleh saudara-saudara kita yang ada di Jakarta melalui Persekutuan Anak Sangihe Rantau (ASR) bersama Pemkab Kepulauan Sangihe menyelenggarakan Lomba Masamper yang dilaksanakan pada Sabtu, 12 November 2022 di Gelangang Olah raga Remaja Jakarta Utara.

Ketua Persekutuan ASR Kapten Inf. Dikson Abislon menyampaikan kegiatan ini dibuat untuk lebih mengeksiskan Kerukunan Keluarga Anak Sangihe Rantau (ASR) dalam memperkenalkan Budaya Sangihe diluar pulau Sangihe terlebih bagi Generasi penerus anak-anak berdarah Sangihe yang sudah lahir dan besar di Ibu kota Jakarta dan sekitarnya, menyampaikan juga terimakasih kepada Pj. Bupati dr. Rinny Tamuntuan yang sudah mematenkan Budaya Masamper sebagai milik Suku Sangihe, Ketua Panitia Festival Kebudayaan Sangihe Lomba Masamper Zet Ambat menyampaikan “Megaghgile Laing Medarame” tema pada kegiatan ini dan akan terus digaungkan, dipromosikan setiap tahun rencana akan dilombakan mungkin bisa saja tahun depan dibuat di Batam nantinya pelaksanaan bisa berpindah-pindah daerah, kegiatan saat ini diikuti oleh 10 regu Masamper dari berbagai Persekutuan/Kelompok orang Sangihe.

Pada lomba Masamper ini juga secara Online Menteri Ristek, Pendidikan dan Kebudayaan Nadim Makarim menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya bagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Persekutuan Anak Sangihe Rantau yang boleh menyelenggarakan kegiatan ini sebagai momentum untuk terus memperkenalkan dan menjaga Budaya Sangihe agar tidak terhempas oleh waktu, zaman dan gangguan dari budaya luar, Nadim juga menyanjung Budaya Masamper ini gerakan yang indah disajikan dengan lantunan vokal yang merdu ciri khas Bangsa Indonesia sebagai Bangsa Melayu.

Pj. Bupati Kepulauan Sangihe menyampaikan terimakasih kepada Kerukunan Anak Sangihe Rantau (ASR) sehingga kegiatan ini bisa terselenggara dan berjalan dengan baik, tercipta Keakraban rasa Kekeluargaan antara sesama orang Sangihe yang ada di rantau, Pemerintah Kab. Kepulauan Sangihe akan terus mensuport dalam mengembangkan dan memperkenalkan Budaya Sangihe ini dengan kegiatan atau iven-iven apa saja yang akan dibuat, apalagi Budaya Masamper sudah ditetapkan hari Masamper pada tanggal 18 Agustus.

Turut hadir Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara dr. Andi Silangen yang juga merupakan suami tercinta dari dr. Rinny Tamuntuan menyampaikan Sangat Bangga dan Apresiasi bagi Persekutuan Anak Sangihe Rantau (ASR) yang tetap selalu terus memelihara Kerukunan Kekeluargaan sesama orang Sangihe di luar wilayah Sangihe dan menjaga, memperkenalkan Budaya Sangihe bagi Generasi penerus, dalam sambutan juga ketua DPRD Prov. Sulut menyajung Pj. Bupati Kepulauan Sangihe karena walaupun yang orang Sangihe saya sendiri tapi rasa cinta semangat membangun Budaya Sangihe lebih dari dirinya. Turut hadir juga Ibu-Ibu atau isteri dari Pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Kepulauan Sangihe, Beberapa Pejabat Perangkat Daerah dan Masyarakat dari Sangihe yang datang menyaksikan langsung lomba Masamper ini.

Pada kegiatan Lomba Masamper ini yang jadi Pemenang adalah Regu dari GMIST Betlehem wilayah Jabodetabek, kegiatan ini ditutup dengan Penyerahan Hadiah bagi Pemenang Juara 1,2,3 sampai harapan 2, juara Regu Favorit, Juara terbaik Pangataseng dan Pangaha dilanjutkan dengan Masamper bersama Pj. Bupati Kepulauan sangihe, Ketua DPRD Provinsi Sulut, Panitia Pelaksana, Peserta Lomba dan seluruh penonton/Masyarakat yang hadir, Pihak Aparat Keamanan TNI dan Polri yang begitu hanyut dalam Kegembiraan dan Kemeriahan sampai waktu sudah larut malam dan dari pantauan beberapa Netizen yang melakukan siaran langsung, begitu banyak Masyarakat yang menyaksikan siaran langsung kegiatan ini dan memberikan tangapan positif dan bangga Kegiatan ini dilaksanakan walaupun hanya bisa menyaksikan dari online mereka juga merasakan euforia yang sama dan menyampaikan terimakasih Pemkab Kepulauan Sangihe dibawah Pimpinan Pj. Bupati dr. Rinny Tamuntuan dan Kerukunan Anak Sangihe Rantau yang terus memperkenalkan dan Menjaga Budaya Sangihe dengan harapan Budaya Sangihe ini juga bisa diperkenalkan sampai skala Internasional.