Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Pj. Bupati Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan membuka secara langsung Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di wilayah kerja Puskesmas Kuma

Kamis, (03/11/2022) Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan membuka secara langsung Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di wilayah kerja Puskesmas Kuma Kecamatan Tabukan Tengah Kabupaten Kepulauan Sangihe yang di laksanakan di pantai pananuareng

Deklarasi Stop BABS di ikuti dari 15 kampung yang ada di Kecamatan Tabukan Tengah yaitu kampung bowongkali, miulu,  malueng, kulur I, talengen, timbelang, kulur II, biru, tariang baru, bira, palahanaeng, rendingan, pelelangen, gunung dan sensong. Pada kesempatan ini juga Pj. Bupati Kepulauan Sangihe memberikan Sertifikat Penghargaan bagi kampung kuma I dan kampung timbelang yang zero point kasus Stunting periode (februari – agustus 2022)

Pj. Bupati dalam sambutannya menghimbau kepada 15 kapitalaung yang di Deklarasikan agar jangan hanya sampai di deklarasi namun tetap terus termonitor, karena ini juga merupakan syarat dalam penilaian meraih penghargaan kabupaten sehat di tahun depan.

Ini tentunya merupakan perjuangan menuju kabupaten sehat, kiranya kapitalaung-kapitalaung tetap semangat untuk meraih penghargaan kabupaten sehat. dan terimakasih kepada 2 kampung (Kuma I dan Timbelang) yang saat ini kasus stunting tidak ada, ini merupakan hal yang baik mewujudkan program nasional, Dalam menurunkan kasus stunting yang ada di Kab.Kepl.Sangihe dan berharap juga menjadi perhatian kampung lainnya untuk juga fokus menurunkan kasus stunting, Dengan memperhatikan makanan yang bergizi  bagi anak bayi dan ibu hamil.

Disamping itu Pj. Bupati menyampaikan fokus pangan tahun 2023 untuk pemberdayakan masyarakat, masyarakat diajak juga untuk memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan tidur.   Menanam kebutuhan sehari-hari rica, tomat, sayur dan kepada petani yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe juga harus meghasilkan hasil-hasil pertanian, tidak boleh masyarakat kita membeli atau bergantung dari manado.

Perbanyak juga dalam menanam pisang, ubi dan sayur karena dikuatirkan ditahun depan akan terjadi krisis pangan, sehingga kita tidak perlu kuatir kelaparan karena sudah tersedia pangan yang dimaksud, Pemerintah akan membantu dan memfasilitasi hal ini lewat Tim Penggerak PKK, Kapitalaung, TNI dan Polri

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe dr.Handry Pasandaran,ME,  Camat Tabukan Tengah Yusak Karame,S.AP, Kapolsek Tabukan Tengah, Dan Ramil Tabukan Tengah, Kepala Puskesmas Kuma, Seluruh Kapitalaung Tabukan Tengah, MTK dan Ketua Forum Kabupaten Sehat serta Toko Adat, Toko Agama dan Toko Masyarakat.