Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Pameran Gebyar Merdeka UMKM 2022

SANGIHE – Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI yang ke 77, Dinas Koperasi dan UMKM melakukan kolaborasi dengan 4 (empat) Perangkat Daerah yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah, Dinas Pariwisata Daerah, Dinas Pertanian Daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah serta pelaku UMKM. Pameran ini di laksanakan dari tanggal 18 s/d 19 Agustus 2022 bertempat di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Bunga dari limbah plastik dan air mineral

Pameran ini menampilkan bermacam – macam produk industri kerajinan yang terbuat dari rotan tikus dari Kecamatan Tabukan Tengah, tempurung (batok kelapa), olahan sampah plastik air mineral yang dibuat oleh Lapas Tahuna menjadi pajangan bunga – bunga yang cantik, tenunan dari serat pohon pisang Abaka oleh masyarakat di Sangihe lebih di kenal dengan nama HOTE.

Kue kering dari sagu 

“yang sejak jaman dahulu sudah dibuat kain, yang disebut kain KOFO. Usia kain Kofo ini kira-kira sekitar 300 tahun yang sampai sekarang masih ada dan disimpan oleh Kel.Tatimu-Tatawure. Kegunaan lainnya mirip dengan coco fiber yang dibuat tali rami atau tas manila yang sangat kuat” Jelas Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Ir.Sonny Kapal,MM

Manisan pala & madu pala

Kadis Koperasi dan UMKM berharap serat pisang abaka ini tidak hanya dibuat kain tapi bisa dikembangkan dalam bentuk-bentuk kerajinan tangan lainnya.

Kerajinan tangan dari Batok Kelapa

Dalam pameran kali ini juga ditampilkan berbagai panganan dari Sagu maupun olahan dari Pala. Seperti manisan pala, madu pala, dll.

Kerajinan tangan dari miniatur musik bambu

Dalam Gebyar Merdeka UMKM 2022 ini, Dinas Pendidikan juga menggelar lomba bintang vokalia yang pesertanya adalah anak – anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan hadiah pemenang lomba berupa piagam penghargaan.Serat Pisang Abaka

Semoga dengan kegiatan seperti ini mendorong masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe lebih menumbuhkan rasa cinta dan menghargai produk local serta bangga dengan produk loka. (NF)