Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Kapabilitas APIP Level 3

Suatu Kebanggaan yang luar biasa bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe, atas diterimanya Sertifikat Kapabilitas Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Level 3 dari BPKP, yang diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulut Dr. Setya Nugraha, AK. M.I. BA, secara Virtual (15/6/2020) dan diterima oleh Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana, SE, ME, didampingi Plh. Sekda Melanchton H. Wolff, ST, ME, Inspektur Kabupaten N.R. E. Pande, SH, ME, Kepala Badan Keuangan Femmy Montang, SE, AK, M.Acc dan pejabat terkait.

Dr. Setya Nugraha, AK. M.I. BA, dalam sambutannya memberikan Apresiasi atas Capaian Kinerja Inspektorat Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, sebagai salah satu dari 7 Kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara yang mendapat Sertifikat Kapabilitas APIP. Peran APIP sangat strategis dalam mengawal roda pemerintahan di daerah ini, karena APIP mampu menilai efektifitas dan efisiensi suatu kegiatan, juga mampu memberikan sistem peringatan dini ketika ada hal-hal yg belum bersesuaian, serta lebih mendalami titik rawan pengelolaan keuangan, termasuk memberikan konsultasi pada tata kelola manajemen resiko dan pengendalian intern. Artinya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, dalam Kapabilitas APIP telah memiliki Karakteristik, Kebijakan, Proses dan Prosedur APIP yang ditetapkan, di dokumentasikan dan terintegrasi satu sama lain serta merupakan infrastruktur Organisasi.

Bupati dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas dukungan dan kerjasama yang diberikan oleh BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara terutama dalam mewujudkan Tatakelola pemerintahan yang baik, dan berharap BPKP dapat terus membimbing Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Atas capaian Kapabilitas ini Bupati mengajak seluruh jajaran pemerintahan untuk tetap berkomitmen dan bekerja sama dalam meningkatkan tatakelola manajeman resiko dan pengendalian intern. Sebagaimana di Tahun 2019 Inspektorat Kabupaten Kepulauan Sangihe juga telah menerima Sertifikat Maturitas Level 3 dan Tahun 2020 ini juga menerima Sertifikat Kapabilitas APIP Level 3. #Sangihe Bekerja – kominfo (*ek)

 

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *